Perbedaan Informatika dan Sistem Informasi

Teknik Informatika

Pada jurusan Teknik Informatika, kamu akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Jadi, mata kuliah yang kamu temui akan lebih banyak berkutat pada pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software).

Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Di sini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga pasti dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer.

Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)

 jurusan yang menggabungkan ilmu tentang komputer dengan bisnis/manajemen. Sebenarnya, ilmu yang dipelajari tidak jauh berbeda dengan Teknik Informatika. Tetapi, Sistem Informasi juga berfungsi untuk menjadi “jembatan” antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang. Jadi, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu merancang aplikasi, kamu juga dituntut untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan klien bisnis setelah lulus nanti.
 
sumber : quipper.com