GKM

A. Gugus Kendali Mutu

Gugus Kendali Mutu (GKM) merupakan perpanjangan tangan dari Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas untuk menjamin mutu akademik di tingkat Program Studi S1 Informatika Fasilkom Unsika. Tim gugus kendali mutu diangkat dan ditugaskan berdasarkan SK Dekan. Gugus kendali mutu terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota gugus mutu.

B. Mekanisme Kerja Gugug Kendali Mutu

Sistem kendali mutu pada perguruan tinggi diatur oleh Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016. Pada peraturan tersebut tercantum siklus Sistem Kendali Mutu Internal di perguruan tinggi terdiri dari 5 tahapan, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan atau yang disingkat menjadi PPEPP. Siklus PPEPP ini haruslah tercermin dalam mekanisme Sistem Kendali Mutu Internal pada tiap perguruan tinggi terkhusus Program Studi S1 Informatika Fasilkom Unsika.

  1. Penetapan adalah kegiatan penetapan standar untuk standar-standar yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi
  2. Pelaksanaan adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka pemenuhan standar
  3. Evaluasi adalah kegiatan membandingkan antara luaran pelaksanaan dengan standar
  4. Pengendalian adalah kegiatan analisis penyebab ketidaktercapaian dan/atau penyimpangan pelaksanaan atas standar untuk dilakukan tindakan koreksi/perbaikan
  5. Peningkatan adalah kegiatan perbaikan standar agar lebih tinggi dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan.

C. Dokumen Mutu Yang Harus Dimiliki Gugus Kendali Mutu

Dokumen SPMI untuk GKM bisa menggunakan dokumen tingkatĀ  universitas, tetapi jika dokumen SPMI tingkat universitas dianggap perlu untuk dirinci sesuai kebutuhan program studi, maka GKM perlu membuat turunan dari dokumen SPMI tersebut.

Dokumen SPMI di tingkat Universitas meliputi: Kebijakan SPMI, Standar SPMI, Manual SPMI, dan Formulir SPMI. Dokumen SPMI di tingkat Universitas tersebut yang dapat dilakukan perincian sesuai kebutuhan masing-masing Program Studi antara lain: Standar SPMI, Manual SPMI, dan Formulir SPMI.

D. Ruang Lingkup Kegiatan Gugus Kendali Mutu

Ruang lingkup kegiatan GKM, meliputi:

  1. Kriteria 1 VMTS
  2. Kriteria 2 Tata Pamong
  3. Kriteria 3 Mahasiswa
  4. Kriteria 4 Sumber Daya Manusia
  5. Kriteria 5 Keungan, Sarana dan Prasarana
  6. Kriteria 6 Pendidikan
  7. Kriteria 7 Penelitan
  8. Kriteria 8 PkM
  9. Kriteria 9 Luaran dan Capaian Tridharma

E. Tugas dan Fungsi Gugus Kendali Mutu

Tugas dan fungsi GKM pada sistem penjaminan mutu pada Program Studi S1 Informatika Fasilkom Unsika adalah:

  1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang sekaligus dapat mendukung Sistem Penjaminan Mutu Eksternal pada tingkat Prodi;
  2. Melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan mutu sesuai siklus PPEPP pada tingkat Prodi dengan tetap berkoordinasi dan terintegrasi dengan GJM diatasnya;
  3. Memelihara/merevisi/updating dokumen SPMI Prodi;
  4. Melaksanakan implementasi pelaksanaan SPMI pada Prodi;
  5. Melakukan evaluasi melalui self evaluation;
  6. Menerima auditor mutu pada saat pelaksanaan audit mutu internal Unsika;
  7. menghadiri tinjauan manajemen tingkat fakultas yang merupakan fase pengendalian pada siklus PPEPP;
  8. Menyiapkan langkah perbaikan/peningkatan mutu Prodi berdasarkan hasil tinjauan manajemen sebelumnya;
  9. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas SPMI kepada Dekan;
  10. Mengkomunikasikan pentingnya SPMI kepada seluruh dosen dan tenaga pendidik.

F. Tugas Pokok dan Fungsi Ketua Gugus Kendali Mutu

Tugas pokok dan fungsi ketua gugus kendali mutu adalah

  1. Bertanggungajwab Koordinasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota tim Gugus Kendali Mutu
  2. Bertanggungajwab Pemantauan terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota tim Gugus Kendali Mutu
  3. Bertanggungajwab Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota tim Gugus Kendali Mutu

G. Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Gugus Kendali Mutu

Tugas pokok dan fungsi sekretaris gugus kendali mutu adalah

  1. Membantu ketua dalam pemantauan terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh tim Gugus Penjaminan Mutu
  2. Membantu ketua dalam evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh tim Gugus Penjaminan Mutu
  3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan pengarsipan surat menyurat yang berkaitan dengan Gugus Kendali Mutu

H. Tugas Pokok dan Fungsi Anggota Gugus Kendali Mutu

Tugas pokok dan fungsi anggota gugus kendali mutu adalah

  1. Membantu terlaksananya tugas Gugus Kendali Mutu Program Studi
  2. Memberikan masukan kepada ketua Gugus Kendali Mutu Program Studi